Senin, Maret 21, 2016

Dongdaemun Market : Surga Belanja (nyaris) 24 jam

Dongdaemun adalah area yang terdiri dari beberapa mall sejenis ITC yang jam bukanya sampai subuh. Tempat ini merupakan salah satu agenda di itinerary trip kami. Mas tour guide akan membawa kami ke salah satu mall bernama Hello APM, disana ada sebuah toko souvenir besar yang menjual aneka pernak-pernik oleh-oleh yang penjualnya bisa aneka bahasa termasuk Indonesia, mereka bahkan menerima pembayaran dalam Rupiah. 

Aneka souvenir seperti gantungan kunci, magnet, dan gunting kuku rata-rata tidak dijual satuan tapi per 4 atau 6 atau lebih. Saya beli sepaket gantungan kunci isi 4  seharga 7 ribu won (sekitar Rp 80 ribu). Souvenir khas Korea favorit yang bisa dibeli disini adalah antara lain peralatan makan (sumpit gepeng dan sendok), gunting kuku yang merupakan andalan ekspor Korea dan pernak pernik K-POP. 

Berhubung hotel kami lokasinya tidak jauh dari sini, sesudah kami diantarkan ke hotel, malamnya kami kembali lagi ke Dongdaemun tapi ke mall yang lain. Dari pengamatan keliling-keliling mall malam itu saya menyimpulkan kalau Dongdaemun ini harus dijalani dengan suasana santai dan duit banyak. Barang - barang yang dijual di Dongdaemun adalah aneka produk fashion yang harganya tidak murah. Barang-barangnya memang berkualitas tinggi dan modelnya keren-keren, lucu-lucu dan cantik-cantik. Dan perlu keterampilan tawar menawar. Sayangnya saat itu kebanyakan pakaian yang dijual adalah pakaian untuk musim dingin yang tidak mungkin dipakai di Jakarta.

Saya cuma membeli mainan Pororo titipan untuk oleh-oleh. Teman-teman saya yang lain membeli baju anak-anak dan mainan anak. Kami kembali ke hotel sekitar jam 2 malam dan suasana Dongdaemun masih ramai.

Saya pun bercita-cita ingin kembali lagi kesini, jalan-jalan dengan suasana santai di siang hari karena terus terang jalan-jalan jam segini kalau tidak karena terpaksa saya tidak akan mau, mendingan tidur banget.

Tidak ada komentar: